Blog

Perubahan Nama dan Struktur Kurikulum 2018

Dengan berlakunya Program Revitalisasi SMK dan adanya perubahan spektrum kurikulum K13 edisi revisi th. 2018 (Sesuai dengan Peraturan Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 07/D.D5/KK/2018) maka secara resmi kami berganti nama dari Kompetensi Keahlian Desain Interior SMKN 12 Surabaya menjadi Kompetensi Keahlian Desain Interior dan Teknik Furnitur SMKN 12 Surabaya dengan lama 4 tahun pembelajaran.

Selain pergantian nama juga terdapat perubahan struktur kurikulum seperti berikut ini :

914 DITF_Page_1914 DITF_Page_2

Desain Interior Kamar Tidur Hotel

Karya ini dibuat sebagai bentuk tugas dan materi profesional selama pelaksanaan Diklat Guru Pembelajar Bagi Guru Produktif SMK Th. 2016.

Dengan Judul Desain Interior Kamar Tidur Hotel Bintang 4  Tipe Twin Room Commercial Hotels, penulis mencoba untuk berkarya dengan dipandu oleh Ibu Dr. Kuntari Eri Murti dan Ibu Widayati Indarsih, M. Sc. selaku Instruktur / Widyaiswara selama proses pelaksanaan diklat.

Harapan penulis selain bisa sebagai tugas diklat, semoga karya ini juga bisa menjadi materi pembelajaran atau inspirasi bagi siswa-siswa desain interior khususnya siswa-siswi dari SMKN 12 Surabaya.

Konsep Desain (Sketsa Manual)

scan 1

 

Konsep Desain (Software Room Sketcher)

combine

 

Gambar Teknik (Software AutoCAD)

Model

Visualisasi Akhir (Software SketchUp + Vray)

3D Layout 2

layout combine

 

 

 

Diklat Guru Pembelajar SMK Th. 2016

Assalamualaikum Wr. Wb.

Diklat Guru Pembelajar  SMK Th. 2016 merupakan diklat kedua bagi penulis setelah pelaksanaan sebelumnya di tahun 2014. Sedikit berbeda dengan diklat guru produktif pada tahun 2014, pelaksaanaan diklat kali ini selain diberikan materi profesional peserta diklat juga diberikan materi pedagogik. Bertempat di PPPPTK Seni & Budaya Sleman Yogyakarta, selama 10 hari (Tgl. 18 – 28 April 2016) para peserta diklat yang berasal dari guru SMK dari berbagai sekolah dan jurusan di Indonesia ini di update dan di upgrade baik skill maupun pengetahuannya.

Diklat Guru Pembelajar ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru melalui peningkatan kompetensi khususnya kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional, para guru yang telah melaksanakan diklat diharapkan bisa mentransfer materi, skill dan pengetahuan yang didapatkan selama diklat untuk di aplikasikan pada pembelajaran di sekolah masing-masing, dengan harapan nantinya bisa menghasilkan lulusan SMK yang berkualitas, berkarakter dan mampu bersaing di abad 21, khususnya menghadapi MEA yang sudah dimulai th. 2016. Semoga … !

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Hakim Winisudo